Label

Kamis, 14 Maret 2013

langit kenapa warnanya biru?


MENGAPA AIR LAUT BERWARNA BIRU ?
Banyak kejadian sehari-hari yang menarik untuk kita kaji yang ada kaitannya dengan ilmu fisika. Ini membuktikan bahwa fisika sangat dekat dengan kita. Salah satunya adalah mengapa air laut yang kita lihat berwarna biru ? Banyak argumentasi beberapa ahli yang menjelaskan mengapa air laut berwarna biru. Beberapa argumentasi itu antara lain :
  1. Memantulkan bayangan lain memang menyebabkan laut berwarna biru, tapi sebagian besar karena warna air murni pada dasarnya memang kebiruan karena memantulkan panjang gelombang biru hijau. Memang warna biru air sangat lemah, tapi kalau air terkumpul cukup banyak maka warna biru mulai nampak seperti di lautan, atau di bak mandi yang berwarna putih dan lampu putih, air tetap berbias biru (asal airnya tidak mengandung ganggang). Buktinya saat anda menyelam dan melihat ke dasar warna laut tetap biru, padahal jika efek pemantulan saja yang ada tentunya semua cahaya biru dari langit sudah dipantulkan permukaan laut ke atas. Jadi ini adalah efek karena air memang berwarna biru.
    Pada saat fajar dan senja laut memang berwarna kejinggaan karena cahaya biru dari matahari yang sampai ke permukaan bumi sangat sedikit, pada pagi hari warnanya menjadi biru kehijauan dan jadi biru cerah di siang hari
  2. Warna biru itu berasal dari cahaya matahari yang memiliki panjang gelombang yang besar. Ketika memasuki atmosfir Bumi, panjang gelombangnya mengecil dan memencar. Panjang gelombang yang baru ini besarnya sama dengan panjang gelombang warna biru. Sebenarnya, peristiwa ini tidak berbeda dengan masuknya cahaya melalui prisma. Cahaya yang masuk bakal terbias menjadi beberapa warna utama: ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga dan merah. Warna ungu memiliki panjang-gelombang tertinggi, dan warna merah terkecil – sehingga muncul istilah ultraungu dan inframerah. So, bagaimana dengan air laut yang berwarna biru? Hal itu karena pantulan gelombang warna itu. Itulah sebabnya kenapa air di bak mandi anda kadang-kadang terlihat hijau atau biru atau putih. Cahaya matahari sebenarnya berwarna putih. Cahaya putih itu sendiri merupakan gabungan dari berbagai energi gelombang. Kenapa tampak kuning? Tak lain karena terbiasnya gelombang warna biru. Nggak percaya? Kamu bisa buktiin dengan cara berikut. Arahkan tiga buah lampu bewarna merah, biru dan hijau pada satu layar. Gabungkan dari kegita warna cahaya ini bakal menghasilak warna putih. Lalu coba matikan lampu biru, maka gabungan kedua lampu lainnya – merah dan hijau- akan menghasilkan warna kuning. Masih nggak percaya….lakukan percobaan sendiri!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar